Berkabar dalam Diam


Pernahkah mendengar kata pepatah “kedekatan malah memperlebar jarak”. Bagaimana kita bisa memaknai sebuah kedekatan dan bagaimana pula kita memahami jarak? Apa mungkin dekat berarti tak berjarak sedang berjarak berarti tak dekat. Coba kita lihat kalimat dalam setiap tulisan atau paraghraf yang kita buat. Tak bisa kita rangkai menjadi dekat semua bukan? Kita tidak akan bisa membacanya. Jikalau bisa, kita akan bosan dan malah membuang tulisan itu. Salah cetak.

Pernahkah mendengar kata pepatah, “jika tak ada kabar berarti kabarnya adalah baik-baik saja”. Terkadang berkabar setiap saat membuat kita menjadi deretan tulisan tanpa spasi. Tidak berguna dan akhirnya terbuang begitu saja.
Hidup bukanlah masalah pilihan tetapi tentang sebuah perjalanan. Bagaimana bisa kita berhenti di jalur yang bergerak sendiri. Kendati mengatasnamakan kenangan. Kenangan bukan sekedar ingatan tapi pelajaran. Kenangan bukan sesuatu yang harus kita raih kembali. Kenangan bukanlah bagian untuk hidup di dalamnya.  
Jika 5 hari ke depan terlewati maka genap sudah 5 bulan kita belum sempat berjumpa. Tepat lima bulan Einsten membuktikan teorinya, “keabadian adalah ketidakabadian itu sendiri.” Tentu saja kehidupan bukanlah secuil lingkaran kecil yang hanya kita tahu dan kita duga. Kalau tak percaya lihatlah dalam lingkaran itu, apa terlihat di detik 5 bulan kurang 5 hari yang lalu kata “pulang” dan “Padang” sungguh terasa berat? Labor TIK, perpisahan sekolah, English Club, drama Malin Kundang, Gunung Kopi, Gunung Meukek, Someone Like You masih benderang dalam ingatan. Memang lingkaran kita sudah berbeda, hanya saja risau dan rindu berjumpa masih sama.
Kami berkabar dalam diam, bukan karena kami tak ingat lagi. Tapi menunggu kabar. Meski diam, kami selalu memerhatikan sebisa yang kami bisa lakukan. Menunggu kabar bisakah meniti jalan sendiri dan menjemput kesuksesan. Kami menunggu kabar. Selamat ujian dan sampai jumpa lagi.
Padang, 10 Maret 2013

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bapak, Ibuk dan Ceritanya

Your Dying Heart

Pengalaman TOEFL ITP Online