L0ve = Zer0


Jika diibaratkan angka, berarti cinta = nol. Dikalikan dengan angka berapa saja ataupun ditumpuk seberapa banyak, tetap sama dengan nol. Aoyama Gosho memperkenalkan persamaan ini di komik Conan jilid 71 melalui sang ratu lapangan rumput Minerva Glass dalam kasus Syair Wahyu. Bagian ini merupakan kasus terseru yang termasuk dalam bagian yang paling kusuka. Selain teka teki kasus yang misterius dan pengenalan sudut kota London yang ada kaitannya dengan Sherlock Holmes, kasus ini juga dibumbui dengan Love Story Shinichi-Ran yang membuatku belajar banyak hal.

Bermula dari pertemuan Ran dan Miss Glass di depan patung Holmes Baker Street. “Is love hurting you,” sapa Minerva pada Ran yang seakan tengah mengadu pada Holmes. “Jangan berkonsultasi padanya, dia bukan ahli di bidang itu. Holmes berkata : cinta adalah emosi, dan aku menghormati emosi itu lebih dari siapapun, tapi aku tidak akan mencampur adukkannya dengan akal sehat.” Glass pun mengartikan cinta sama dengan nol. Menumpuk nilai 0 sebanyak apapun hanya akan berakhir dengan kekalahan yang menyedihkan.
Tidak ada kata selesai jika bicara perkara cinta. Bagi Ran dan Glass yang memang selalu di posisi “berharap” tentu kata-kata tersebut adalah penyemangat sekaligus kata yang persis benar. Aku menunggu bagaimana Shinichi menyelesaikan kisah cintanya pada Ran. Apakah akan sesukses ia menyelesaikan setiap kasus yang pernah ia hadapi sebelum-sebelumnya. Terlebih Ran yang selalu berharap disuguhkan dengan kata-kata yang meminta ia menanyakan kepastian. Seketika sosok Shinichi pun bagi Ran menjadi sosok detective bodoh yang menganalisis hatinya saja tidak mampu. Sayangnya, kasus bersambung ke volume 72. Aku pun pasrah menunggu sambil menerka-nerka bagaimana kisah selanjutnya.
Waktupun merambat naik dan penantianpun selesai. Aku memulai membaca file-1 dengan judul “kasus rumit yang merepotkan”. Apa maksudnya ini? sepertinya ini akan menarik. Seperti biasa, Conan berhasil memecahkan kasus Syair Wahyu dengan brilliant. Menemukan penjahat yang akan meledakkan ibu Minerva Glass dengan bom. Glass memenangkan pertandingan dan tetap menjadi ratu lapangan. Lantas bagaimana dengan kasus cinta sama dengan nol?
“Kamu seperti kasus rumit yang menyusahkan. Aku terlalu banyak melibatkan emosi kalau berurusan denganmu. Sekalipun aku Holmes, aku tidak mungkin bisa memecahkan kasus serumit kamu. Karena tidak mungkin aku bisa membaca dengan tepat isi hati gadis yang kusukai. Kamu tadi bilang love sama dengan nol. Jangan bercanda.  Nol itu artinya awal bagi segala kemungkinan. Tak mungkin bisa meraih apapun kalau tak berangkat dari nol. TIDAK MUNGKIN.” Aku tak percaya Aoyama Gosho memilih volume ini untuk menunjukkan keberanian Shinichi dalam mengungkapkan perasaannya pada Ran. But, nevermind. Sekurangnya cinta sama dengan nol tidak jadi kutelan bulat-bulat. Walau kenyataannya, kami perempuan selalu saja dalam penantian yang membingungkan. Menunggu dia mengatakan well I'am not fine but I will start from zero with you. Starting from love exactly.
Padang, 28/4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bapak, Ibuk dan Ceritanya

Your Dying Heart

Pengalaman TOEFL ITP Online